Tutorial CyberPanel Untuk Tambah Website, Cukup 3 Langkah!

Tutorial CyberPanelCyberPanel adalah sebuah kontrol panel web yang dapat kamu gunakan secara gratis yang telah dilengkapi dengan fitur Openlitespeed dan gratis SSL Unlimited. Sebagai info, OpenLiteSpeed adalah web server open source dengan performa tinggi yang membebaskan pengguna untuk mengunduh, menggunakan, mendistribusikan, dan memodifikasi OpenLiteSpeed dengan sumber kode yang sesuai dengan aturan lisensi GPL versi 3.

Tutorial CyberPanel

Kali ini penulis akan memberikan tutorial CyberPanel untuk menambahkan website baru. Dalam tutorial ini akan penulis jelaskan cara menambahkan website baru, database baru, dan install WordPress langsung dari CyberPanel. Yuk kita mulai tutorial CyberPanel ini!

1. Tutorial CyberPanel Tambah Website

Pertama kamu perlu login ke CyberPanel dengan memasukkan username dan password-mu. Setelah kamu masuk ke halaman utama, klik Main dan pilih menu Websites. Disini kamu akan disuguhkan banyak pilihan nih, tapi karena tutorial CyberPanel kali ini tentang menambahkan website baru, maka kita pilih yang Create Website dulu ya. Kemudian, kamu akan dialihkan ke halaman Create Website. Terdapat beberapa field yang harus kamu isi.

Tutorial CyberPanel Create Website

  1. Select Package – CyberPanel biasanya sudah memiliki default untuk paketnya, namun kamu juga bisa memilih paket lain yang sesuai dengan kebutuhan website yang akan kamu buat.
  2. Select Owner – Kamu bisa memilih siapa saja yang akan jadi pemilik dari website ini, pemilik akan sekaligus menjadi pengelola dalam website ini.
  3. Domain Name – Disini kamu bisa masukkan nama domain-mu. Ingat, tidak perlu memasukkan www. lagi ya.
  4. Email – Tuliskan email-mu yang akan tersambung dengan website ini.
  5. Select PHP – Silahkan pilih versi PHP untuk website ini, kamu bisa mengubahnya lagi nanti. Pastikan menggunakan versi PHP yang paling kamu kuasai ya.
  6. Additional Features –¬†Jika nama server sudah mengarah ke server-mu, kamu dapat mecentang bagian SSL, tetapi jika belum maka jangan dicentang dulu. Untuk DKIM Support dan open_basedir Protection silahkan kamu centang untuk keamanan tambahan.

Jika semuanya sudah kamu isi dengan benar, langkah terakhir yang harus kamu lakukan dalam tutorial CyberPanel untuk menambahkan website ini adalah dengan menekan tombol “Create Website” dan situs baru akan terbuat.

2. Tutorial CyberPanel Tambah Database

Setelah kamu berhasil menambah website baru, langkah berikutnya adalah menambah database untuk website tersebut. Sama seperti tutorial CyberPanel sebelumnya, dari menu Main kamu pilih menu Databases lalu klik Create Database. Kamu kemudian akan dibawa ke halaman Create Database dan sama lagi seperti sebelumnya, ada beberapa field yang harus kamu isi.

  1. Select Website – Pilih website yang telah kamu buat sebelumnya mengikuti tutorial CyberPanel tambah website. Jangan sampai salah ya!
  2. Database Name – Tulis nama database sesuai keinginan dan kebutuhanmu.
  3. Username – Buat username untuk login ke database-mu. Pastikan username-nya mudah kamu ingat ya!
  4. PasswordInput password untuk dimasukkan saat login ke database bersamaan dengan username. Usahakan password adalah kombinasi huruf, angka dan simbol agar keamanannya kuat.
  5. Generated Password – Di sebelah field Password, ada tombol generate. Klik tombol tersebut untuk mengisi field ini.

Jika semua sudah dianggap benar, silahkan klik tombol “Create Database” dan voila! database baru telah berhasil dibuat.

3. Tutorial CyberPanel Install WordPress

Selain keunggulan CyberPanel yang telah penulis jelaskan sebelumnya, ada lagi nih nilai plus dari CyberPanel yang tidak dimiliki oleh kontrol panel gratis lainnya. CyberPanel memiliki fitur yang bernama Auto Installer yang mampu menginstal secara otomatis aplikasi seperti WordPress, Joomla, Git dan Prestashop. Kali ini, penulis akan memberikan tutorial CyberPanel untuk menginstal WordPress ke website yang baru saja kamu buat tadi.

Tutorial CyberPanel Instal WordPress

Pertama, dalam menu Main, pilih Websites dan klik List Websites. Halaman List Website akan menunjukkan kumpulan website yang kamu miliki. Pilih website yang baru dibuat tadi lalu klik tombol manage. Selanjutnya, di bagian Application Installer, pilih WP + LSCache untuk menginstal WordPress ke website tersebut. Disini kamu akan dialihkan ke halaman Install WordPress dan harus mengisi beberapa field sebagai installation details.

  1. Blog Title – Kamu bisa menuliskan judul blog-mu untuk website yang kamu buat tadi.
  2. Login UserUsername untuk login ke WordPress sebagai admin.
  3. Login PasswordPassword untuk login WordPress sebagai admin.
  4. Email – Masukkan email-mu.
  5. PathField ini bisa kamu kosongkan jika kamu ingin menginstal WordPress di bagian home dari website-mu.

Jika semuanya sudah kamu isi, klik tombol “Install Now“, tunggu prosesnya dan WordPress akan terinstal secara otomatis ke website-mu.

Itulah tadi tutorial CyberPanel untuk menambahkan website baru. Mudah bukan? CyberPanel ini sangat penulis rekomendasikan untuk kamu yang ingin membeli hosting dan menggunakannya sebagai kontrol panel untuk hosting-mu. Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk para pembaca!