Penjelasan Detail Tentang WordPress Hosting [Part 5]

WordPress Hosting – Sekarang kita telah sampai ke part 5 dari series hosting ini ya. Kali ini penulis akan membahas mengenai WordPress Hosting. Sebenarnya, tidak ada definisi standar industri untuk hosting ini sehingga produk yang tepat akan bervariasi menurut host. Intinya, WordPress Hosting adalah produk hosting web yang telah dikonfigurasi sebelumnya untuk meng-host situs web yang didukung WordPress secara efisien. Hosting ini biasanya digunakan karena 3 poin penting, yaitu sederhana, aman, dan cepat dalam penginstalan WordPress dibandingkan dengan penginstalan WordPress pada server Linux biasa.

Berikutnya, penulis akan membahas cara kerja dari hosting jenis ini, lalu ada satu tipe hosting ini yang sekarang rata-rata ditawarkan oleh para penyedia layanan hosting, yaitu WordPress Hosting Terkelola. Selanjutnya, penulis juga akan memberikan info untuk siapa sih penggunaan hosting yang satu ini? Dan terakhir tentunya harganya dong! Yuk kita mulai pembahasannya.

Cara Kerja WordPress Hosting

Karena WordPress hanyalah perangkat lunak yang dapat berjalan di server hosting Linux apa pun yang mendukung PHP atau MySQL, WordPress Hosting sering digunakan sebagai upsell kosong. Namun, situs web WordPress memang menggunakan beberapa sumber daya yang berbeda dari aplikasi web lainnya, sehingga ada banyak ruang untuk membuat produk hosting yang menjalankan instalasi WordPress lebih efisien daripada instalasi tradisional di shared hosting atau VPS hosting.

Cara Kerja WordPress Hosting

Misal kita analogikan dengan kehidupan sehari-hari, kira-kira WordPress Hosting adalah rumah yang kita bangun sendiri. Kamu ingin membangun rumah yang bisa ditempati oleh kakek dan nenekmu. Tentu, pasangan lansia ini tinggal di rumahmu dengan keadaan baik-baik saja dengan fasilitas standar. Tetapi, kamu melihat kakek dan nenekmu kesusahan dengan beberapa kondisi di rumahmu. Sehingga, kamu berinisiatif untuk membuat fasilitas khusus yang akan memudahkan kakek dan nenekmu di rumah. Misal, toilet yang awalnya adalah toilet jongkok kamu ubah menjadi toilet duduk, kasur untuk kakek dan nenekmu kamu ubah menjadi matras tanpa ranjang, dan lain-lain sebagainya.

WordPress Hosting memiliki fungsi dan cara kerja yang sama seperti itu. Penyedia layanan hosting yang baik akan benar-benar memikirkan apa yang akan membuat instalasi WordPress dan situs WordPress secara keseluruhan lebih sederhana, lebih aman, dan lebih cepat. Mereka akan memiliki semua fitur yang telah dikonfigurasikan dan dialokasikan sebelumnya. Tim dukungan mereka akan memiliki ahli WordPress yang akan menggali instalasi WordPress daripada hanya berurusan dengan dukungan hosting.

Apa Itu WordPress Hosting Terkelola?

Dewasa ini, ada banyak penyedia layanan hosting yang melangkah lebih jauh. Mereka tidak hanya akan melakukan pra-konfigurasi akun hosting untuk WordPress, tetapi juga akan secara aktif mengelola pemasangan hosting untuk kecepatan, kinerja, dan keamanan. Produk ini dinamakan WordPress Hosting Terkelola.

WorPress Hosting Terkelola

Produk ini seperti dukungan intensif yang dibundel yang dulunya merupakan produk terpisah dari perusahaan hosting yang menjual WordPress Hosting. Contoh WordPress Hosting Terkelola adalah dari WordPress.com sendiri. WordPress.com menyediakan instalasi WordPress yang disesuaikan tetapi sangat terkontrol yang dibundel dengan tema, plugin, hosting, dan lain-lain dengan biaya bulanan tetap.

Dengan memberikan penawaran produk yang bagus, produk ini akan sangat menguntungkan penyedia layanan hosting karena mereka dapat menjual dengan biaya yang lebih mahal, namun mereka tahu persis bagaimana menangani sekelompok server. Hal ini juga sama menguntungkannya untuk para pengguna layanan, karena mereka yang aktif menggunakan WordPress tidak akan pusing-pusing melakukan banyak hal untuk webnya tersebut, karena semuanya telah dipermudah.

Untuk Siapa WordPress Hosting Digunakan?

WordPress Hosting digunakan untuk menjalankan situs web yang didukung WordPress pada titik harga yang dapat diprediksi. Sebagian besar paket WordPress Hosting mendasarkan harga pada jumlah kunjungan yang diproyeksikan atau jumlah pemasangan daripada sumber daya yang dialokasikan. Jadi, membeli produk hosting ini akan sedikit lebih mudah, tetapi kamu juga harus menghitung ulang apa yang harus dibayar karena sistemnya berbeda dengan hosting tradisional.

WordPress Hosting

Hosting ini cocok digunakan untuk pemilik situs web WordPress yang tidak ingin menangani pra-konfigurasi, masalah kecepatan, dan masalah keamanan.

Harga WordPress Hosting

 

Apabila kamu salah satu pemilik situs web seperti yang penulis jelaskan sebelumnya, mungkin akan sangat tertarik untuk menggunakan hosting jenis ini. Mengutip dari Rumahweb Indonesia, harga dari WordPress Hosting yang mereka tawarkan bervariasi tergantung dari jumlah cloudlet-nya. Cloudlet disini adalah satuan resource hosting yang terdiri dari CPU, RAM, dan Space dengan hitungan 1 cloudlet sama dengan 0,5 CPU, 512MB RAM dan 1GB SSD Storage. 1 cloudlet dipatok dengan harga 25,000 per bulan dan mereka menyediakan pilihan sampai 10 cloudlet.

 

Di DomaiNesia, terdapat 4 paket WordPress Hosting yang bisa kamu pilih. Super dengan harga 43,000 per bulan, Monster dengan harga 80,000 per bulan, Mikro dengan harga 80,000 per bulan dan Mega dengan harga 180,000 per bulan. Semuanya memiliki keunggulan dan ukuran yang berbeda-beda.

Masih banyak lagi tentunya para penyedia layanan hosting yang menawarkan paket yang berbeda dengan harga yang berbeda pula, semuanya bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu sendiri. Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat untuk para pembaca!