Penjelasan Detail Tentang Cloud Hosting [Part 4]

Cloud Hosting – Melanjutkan artikel tentang hosting secara umum yang telah penulis bahas disini, kali ini penulis akan melanjutkan artikel berikutnya yaitu dengan membahas lebih detail tentang Cloud Hosting. Jenis hosting ini bekerja dengan memanfaatkan server cloud untuk meng-host situs web. Berbeda dengan hosting tradisional, yaitu ketika situs web berada di satu server yang dikenal sebagai server khusus di pusat data, hosting yang satu ini memanfaatkan beberapa server virtual sekaligus.

Cloud Hosting sebenarnya memiliki prinsip kerja yang sama seperti VPS hosting, namun VPS hosting masih dikategorikan sebagai hosting tradisional yang walaupun memiliki sistem operasi virtual, tetapi tetap bergantung kepada satu server fisik yang besar. Jika dianalogikan di kehidupan sehari-hari, Cloud Hosting ini bisa dibayangkan sebagai rumah siap pakai yang terletak di komplek perumahan yang telah dilengkapi dengan semua fasilitas yang diperlukan. Jadi, kamu tinggal menempatinya saja. Cloud Hosting tidak mengharuskan kamu untuk memiliki keahlian khusus untuk memanfaatkan fiturnya secara maksimal, karena semuanya telah disediakan dan diatur untuk kemudahanmu.

Cloud Hosting

Lalu, bagaimana sih cara kerjanya? Situs seperti apa yang cocok untuk menggunakan hosting yang satu ini? Dan, apa sih kelebihan dari hosting yang menggunakan server virtual ini? Di artikel kali ini penulis akan menjawab semua pertanyaan-pertanyaan tersebut dan terakhir akan memperkenalkan produk Cloud Hosting milik Indonet Digital. Yuk kita bahas sekarang!

1. Cara Kerja Cloud Hosting

Pada Cloud Hosting, data dari situsmu akan tersebar di beberapa server yang terhubung. Datamu dapat mengakses sekelompok server di lingkungan server cloud dengan lancar dan cepat. Ketika satu server gagal, yang lain ada di sana untuk mengambil alih. Jika situs web melihat peningkatan lalu lintas dan membutuhkan lebih banyak sumber daya, situs web tersebut dapat mengakses lebih banyak server tanpa downtime, pelambatan, dan gangguan lainnya.

Cara Kerja Cloud Hosting

Jika situs webmu melihat jeda lalu lintas, maka situs tersebut akan mengakses lebih sedikit sumber daya dari server cloud. Layanan Cloud Hosting tidak terbatas pada hosting situs web saja. Hosting jenis ini juga mampu meng-hosting aplikasi, email, dan lainnya, serta dapat digunakan untuk penyimpanan data.

2. Situs yang Cocok Menggunakan Cloud Hosting

Pada dasarnya, baik perusahaan besar maupun kecil dapat menggunakan layanan hosting ini. Sebagian besar penyedia layanan hosting menawarkan paket yang ideal untuk bisnis kecil dan berkembang, sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk server dan perangkat keras lainnya. Cloud Hosting dapat memacu inovasi, membantu bisnis tumbuh untuk memenuhi perubahan kebutuhan dan permintaan.

Salah satu contoh perusahaan besar yang menggunakan Cloud Hosting adalah Google. Dengan menyebarkan sumber dayanya ke ratusan server di cloud, menjadikan google sebagai searh engine yang andal dengan sedikit atau bahkan tanpa downtime. Google sekarang memiliki divisi layanan cloud sendiri, membantu telekomunikasi, media, ritel, perangkat lunak, dan lain sebagainya.

Contoh lainnya adalah Netflix yang harus memenuhi lonjakan permintaan yang besar serta waktu aktivitas yang lebih rendah. Cloud Hosting memberi netflix skalabilitas yang dibutuhkan. Demikian pula, situs sosial seperti Facebook, Pinterest, dan Instagram yang mengandalkan Cloud Hosting untuk menyesuaikan berbagai tingkat lalu lintas di internet.

3. Kelebihan Cloud Hosting

Nah, dari penjelasan penulis di poin-poin sebelumnya kira-kira sudah ada kah gambaran dari kelebihan hosting yang satu ini? Yah, tentunya dengan penggunaan Cloud Hosting ini kamu tidak akan terganggu dengan lalu lintas internet sehingga akan hanya ada sedikit atau bahkan tidak ada downtime yang akan mengganggu situsmu. Selain itu, kegagalan satu server tidak akan berpengaruh pada situs webmu karena server lain akan siap mengambil alih dan situsmu akan tetap online.

Kemudian, kamu bisa mengalokasikan sumber daya sesuai permintaan. Kamu dapat memilih solusi khusus yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan spesifik. Kamu dapat memilih dengan tepat ruang, arsitektur, kekuatan pemrosesan, sistem operasi, dan keamanan yang kamu butuhkan dengan pengaturan cloud. Sehingga, kamu hanya membayar untuk apa yang kamu gunakan.

4. Harga Cloud Hosting

Terakhir, seperti janji penulis di awal tadi, penulis akan memperkenalkan salah satu layanan Cloud Hosting yang ditawarkan oleh Indonet Digital. Indonet Digital menyediakan 2 tipe Cloud Hosting dengan beberapa pilihan paket. Yang pertama hosting dengan cPanel yang merupakan sebuah panel kontrol layanan host web pada Linux yang memberikan tampilan grafis dan peralatan automasi yang dibuat untuk memudahkan proses hosting di sebuah situs web. Indonet Digital juga telah sedikan script auto installer dari Softaculous Premium, sehingga kamu bisa mendapatkan pilihan ratusan aplikasi yang siap install. Paket ini terdiri atas, single dengan harga 15,000 per bulan, professional 30,000 per bulan dan corporate 50,000 per bulan.

Harga Cloud Hosting

Kedua adalah hosting dengan DirectAdmin yang memiliki fitur mengelola email domain web, site tools yang lengkap, mengelola akun FTP untuk upload atau download, database management, analisa pengunjung situs, dan lain sebagainya. Kamu bisa memilih paket single seharga 10,000 per bulan, professional 20,000 per bulan atau corporate 30,000 per bulan sesuai kebutuhanmu. Perbedaan harga hanya dari jumlah addon domain dan ukuran ssd storage-nya. Jika kamu masih bingung, kamu bisa selalu menanyakan langsung dengan Indonet Digital yang 24 jam siap melayanimu!

Cloud Hosting Price

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk menggunakan Cloud Hosting ini? Tentunya hosting yang satu ini bisa jadi alternatif yang sangat bagus untuk situs webmu dengan semua manfaat yang ditawarkannya. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi para pembaca!