Penjelasan Detail Tentang Dedicated Hosting [Part 6]

Dedicated Hosting – Kita sudah sampai di part terakhir dari series hosting nih, kali ini penulis akan menjelaskan tentang Dedicated Hosting yang telah disinggung beberapa kali di artikel-artikel sebelumnya. Dedicated Hosting merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan paket hosting web yang menyediakan server khusus dengan sumber daya khusus untuk satu klien.

Paket Dedicated Hosting ideal untuk organisasi besar dengan situs web yang memiliki lalu lintas tinggi, perusahaan yang berjualan vps server, server website, file hosting, server remote desktop, hosting aplikasi, test server, dan sebagai backup server utama. Klien mendapatkan kontrol penuh dari server yang memungkinkan untuk mengkonfigurasi demi memenuhi kebutuhan tertentu. Hosting jenis ini juga tersedia dalam bentuk terkelola dimana penyedia layanan hosting dapat mengelola server untuk klien jika ada masalah, namun harganya akan lebih mahal dibanding dengan yang tidak terkelola.

Selain itu, harga hosting dengan dedicated server juga dipengaruhi oleh jumlah sumber daya yang dibutuhkan, seperti bandwidth, ruang penyimpanan, jumlah RAM, dan lain sebagainya. Biaya tambahan untuk Dedicated Hosting juga termasuk paket perangkat lunak yang dibutuhkan untuk menjalankan server. Alternatif gratis untuk sebagian besar paket perangkat lunak berbayar tersedia tetapi umumnya tidak disukai karena masalah dengan stabilitas perangkat lunak tersebut.

Waktu Yang Pas Untuk Beralih Ke Dedicated Hosting

Dengan harga yang dipatok tidak murah, dan banyak pilihan hosting lain yang lebih terjangkau, pasti kamu bertanya-tanya kapan sih waktu yang pas untuk beralih ke Dedicated Hosting? Faktor pertama yang harus dipikirkan saat mempertimbangkan hosting ini adalah ukuran situs yang kamu miliki. Opsi ini terutama bermanfaat untuk situs web yang besar, seperti bisnis e-commerce dan situs dengan lalu lintas yang tinggi. Hal ini dikarenakan situs-situs ini harus dapat diakses dengan cepat secara konsisten dengan jumlah waktu downtime yang sangat minimal.

Untuk situs bisnis atau toko online, kinerja dan keandalan adalah faktor yang sangat penting. Fakta bahwa tidak ada orang lain yang dapat mengakses server-mu juga memastikan bahwa situs kamu akan aman. Tidak seorang pun akan dapat mengakses data yang tersimpan, dan kamu akan lebih siap menghadapi ancaman dan serangan. Kamu juga akan mendapat manfaat dari ruang penyimpanan tambahan. Biaya tambahan yang dibayarkan untuk Dedicated Hosting akan sepadan atau tidak tergantung pada anggaran dan kebutuhan. Namun, peningkatan kinerja, kontrol, dan keserbagunaan akan sepadan untuk situs yang lebih besar yang tidak mampu berkompromi.

Kelebihan Dedicated Hosting

Setelah penjelasan penulis di atas, pasti sudah terbayang beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Dedicated Hosting. Pertama adalah sumber daya server yang tidak berbagi. Memilih Dedicated Hosting sama dengan kamu memilih layanan hosting khusus, yaitu kamu akan mendapatkan layanan server tunggal lengkap milikmu sendiri. Kedua, terjadi peningkatan pesat pada kinerja dan keamanan. Memilih layanan hosting jenis ini memastikan situs web kamu berada pada uptime maksimal. Jika situs webmu menarik banyak lalu lintas atau memiliki lalu lintas yang tinggi, dedicated server akan lebih stabil dan memungkinkan peningkatan keamanan, terutama dalam menangani transaksi sensitif melalui FTP atau SSL.

Kelebihan Dedicated Hosting

Ketiga adalah fleksibilitas yang memungkinkan kamu untuk menyesuaikan sistem dan memenuhi kebutuhan tertentu untuk CPU, RAM, ruang penyimpanan dan aplikasi. Keempat, jika kamu menggunakan Dedicated Hosting, kamu akan memiliki server khusus dengan hosting khusus yang berarti memiliki alamat IP unik milik sendiri. Hal ini sangat penting jika kamu memiliki situs web e-commerce besar yang memerlukan SSL untuk memproses kartu kredit.

Terakhir, tidak ada biaya tambahan untuk membeli atau memelihara peralatan. Jika kamu tidak memiliki waktu atau sumber daya untuk mengoperasikan server sendiri tetapi membutuhkan server khusus, Dedicated Hosting adalah cara murah untuk mengakses sumber daya server secara penuh. Penyedia layanan hosting profesional akan mengelola biaya konstruksi dan pemeliharaan infrastruktur komputasi, sehingga mengurangi biaya overhead bagi kamu yang membeli server untuk meningkatkan laba atas investasi.

Namun, semua kelebihan ini harus dibayar dengan biaya yang tidak murah jika dibandingkan dengan shared hosting, VPS hosting, cloud hosting atau WordPress hosting.

Harga Dedicated Hosting

Indonet Digital menawarkan Dedicated Hosting untuk level corporate dengan harga 4,950,000 per bulan. Harga yang kamu bayarkan ini termasuk sistem operasi yang bisa dipilih, mulai dari Windows, CentOS, Ubuntusampai Debian. Selain itu, juga disediakan 3 pilihan management control panels, yaitu DirectAdmin, cPanel dan Cyberpanel. Spesifikasi dari Dedicated Hosting in bisa kamu lihat di gambar berikut.

Harga Dedicated Hosting

Jika dirasa kurang, Indonet Digital juga menawarkan AddOns yang bisa kamu tambahkan untuk menambah performa dari server-mu. Indonet Digital juga selalu akan memberikan bantuan support 24 jam. Tim support akan selalu siap membantu, baik melalui Tiket ataupun melalui Whatsapp.

Itulah pembahasan terakhir dari series hosting kita yang ditutup dengan penjelasan mengenai Dedicated Hosting. Semoga setelah membaca semua series ini, kamu akhirnya bisa memutuskan hosting jenis apa yang cocok dengan kebutuhanmu. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi para pembaca!