Pengertian Hosting Beserta Jenis-Jenisnya – Fahami Sebelum Menggunakannya [Part 1]

Hosting - Adalah sebuah layanan untuk menyimpan sekaligus menjadi sumber daya komputasi yang disediakan untuk individu atau organisasi sebagai akomodasi dan pemeliharaan satu atau lebih situs web dan layanan terkait

Hosting – Adalah sebuah layanan untuk menyimpan sekaligus menjadi sumber daya komputasi yang disediakan untuk individu atau organisasi sebagai akomodasi dan pemeliharaan satu atau lebih situs web dan layanan terkait. Meskipun hosting tidak harus berbasis IP, sebagian besar contoh adalah layanan berbasis web yang memungkinkan situs web atau layanan web dapat diakses secara global dari Internet. Singkatnya, jika kamu seorang web developer dan membuka layanan Jasa Pembuatan Website namun belum memiliki host untuk web-mu, maka web-mu tidak akan bisa terhubung ke internet dan orang-orang tidak akan bisa menemukan web-mu di internet.

Sebagai layanan yang penting, hosting termasuk bagian yang telah berjasa menjadi fasilitator perkembangan dan pertumbuhan Internet. Produk ini biasanya disediakan oleh perusahaan penyedia layanan host yang membangun infrastruktur komputasi back-end khusus miliknya sendiri. Klien, pemilik atau pengembang situs web akan menggunakan infrastruktur tersebut untuk meng-host situs webnya melalui kode sumber yang diunggah, dimana setiap situs web dapat dibedakan berdasarkan nama domainnya yang unik dan ruang dan penyimpanan web yang dialokasikan di porsi yang telah ditentukan. Setelah nama domain ditentukan di browser web, situs web tersebut akhirnya bisa diakses oleh Internet. Jika kamu tertarik untuk mengetahui tentang domain lebih dalam, bisa kamu baca disini ya.

Hosting Adalah

Dengan kemajuan teknologi dan model pengiriman yang lebih beragam, ada berbagai jenis layanan web host yang tersedia untuk meng-host situs web. Sebelum mendaftar ke layanan tersebut, penting untuk memahami jenis layanan dan jenis server yang dibutuhkan untuk situs web tersebut, serta anggaran dana, dan jenis layanan apa yang ditawarkan oleh web host tertentu.

Nah selanjutnya, penulis akan membahan beberapa pilihan hosting yang tersedia, agar bisa menjadi info untuk para pembaca yang mungkin memiliki web sendiri untuk di host atau sekedar ingin tau saja. Yuk kita gali lebih lanjut!

Shared Hosting

Shared Hosting merupakan jenis host paling umum untuk sebagian besar kebutuhan web dan merupakan solusi yang sangat baik untuk sebagian besar bisnis kecil dan blog pribadi. Dengan jenis ini, artinya kamu sebagai salah seorang klien akan berbagi satu server dengan beberapa klien lain. Situs web yang di host di server yang sama akan berbagi semua sumber dayanya, seperti memori, daya komputasi, ruang disk, dan lainnya.

Shared Hosting Adalah

VPS Hosting

Saat kamu menggunakan host berbasis Virtual Private Server atau disingkat VPS, kamu masih berbagi server dengan pengguna lain seperti halnya Shared Hosting. Namun, penyedia layanan tersebut akan mengalokasikan sebagian ruangan yang sepenuhnya terpisah untuk kamu di server itu. Ini berarti kamu mendapatkan ruang server khusus dan sejumlah sumber daya dan memori yang dicadangkan hanya untuk penggunaanmu. Faktanya, VPS Hosting bisa sangat bagus untuk bisnis menengah dengan jumlah situs web dan lalu lintas yang berkembang pesat.

Cloud Hosting

Cloud Hosting saat ini merupakan produk host paling laris di pasaran karena memberikan solusi paling andal. Dengan Cloud Hosting, penyedia layanan host akan memberikan sekelompok server yang artinya semua file dan sumber daya yang kamu miliki akan direplikasi di setiap server. Ketika salah satu server cloud sibuk atau mengalami masalah, lalu lintas web-mu secara otomatis dialihkan ke server lain di cluster. Sehingga menghasilkan sedikit atau tanpa downtime (periode ketika sebuah sistem tidak berfungsi atau offline) yang sangat baik jika kamu memiliki situs web yang sangat sibuk.

Cloud Hosting Adalah

WordPress Hosting

WordPress Hosting adalah bentuk khusus dari Shared Hosting yang dibuat untuk pemilik situs WordPress. Server dikonfigurasikan secara khusus untuk WordPress dan situs dilengkapi dengan plugin pra-instal untuk tugas-tugas penting, seperti caching dan keamanan. Karena konfigurasi yang sangat dioptimalkan, situs akan memuat lebih cepat dibandingkan situs lainnya. Untuk paket host-nya, sering kali disertakan fitur tambahan terkait WordPress, seperti tema yang telah dirancang sebelumnya, pembuat halaman dengan fungsi drag and drop, serta alat pengembang khusus.

Wordpress Hosting Adalah

Dedicated Hosting

Seperti namanya, host ini dirancang khusus untuk kamu sendiri, yang artinya kamu memiliki server fisik khusus yang didedikasikan hanya untuk situs webmu. Kamu diberikan fleksibilitas luar biasa tentang bagaimana ingin mengelola situs web tersebut. Kamu juga dapat mengkonfigurasi server sesuai keinginan, memilih sistem operasi dan perangkat lunak yang ingin digunakan, dan mengatur seluruh lingkungan host sesuai dengan kebutuhan. Menyewa dedicated server sama kuatnya dengan memiliki server sendiri, tetapi dilengkapi dengan dukungan profesional dari penyedia layanan host. Biasanya, jenis layanan ini lebih sering digunakan pada bisnis online besar yang berurusan dengan lalu lintas padat.

Dedicated Hosting Adalah

Nah itulah tadi penjelasan tentang hosting dan jenis-jenisnya. Di artikel berikutnya, penulis akan menggali lebih dalam untuk tiap-tiap jenis mulai dari cara kerjanya, kelebihan serta kekurangannya dan mungkin perkiraan harganya. Jadi, stay-tuned ya agar kamu bisa mendapatkan info yang lebih lengkap lagi! Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi para pembaca!

Baca Juga part 2 nya : Penjelasan Detail Tentang Shared Hosting [Part 2]