Cara Kerja Control Panel Hosting

Cara Kerja Control Panel Hosting – Tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan website saat ini sangat dibutuhkan, baik itu untuk kebutuhan masyarakat, hiburan, bisnis, hobi, atau lainnya. Setiap pemilik website pasti sudah tidak asing lagi dengan penggunaan control panel hosting. Cara kerja control panel hosting sangat memudahkan penggunaan website terutama untuk bisnis, seperti setting email, pengecekan status, pembuatan subdomain, install aplikasi, dan lain-lain.

Control Panel Hosting atau cPanel hosting bisa diartikan sebagai control panel yang dapat membantu Anda mengelola hosting, website dan domain. Jadi Anda dapat mengedit subdomain, menginstal SSL di situs web Anda, mengunggah file situs web dengan mudah, dan banyak lagi.

Bagi pemula yang baru pertama kali mengaktifkan hostingnya, Anda akan mendapatkan link cPanel ini. cPanel ini akan memudahkan Anda dalam mengelola file website. Anda tidak perlu lagi belajar mengelola server dalam mengoperasikan hosting. Berikut ini adalah review Cara Kerja Control Panel Hosting.

Cara Kerja Control Panel Hosting

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa control panel merupakan fitur pada web hosting. Dengan cPanel ini, pengguna dapat langsung terhubung ke program-program yang mendukung website di web hosting.

Dengan kata lain, cPanel hosting membantu pengguna untuk mengelola situs web. cPanel hosting juga merupakan jenis program yang dilindungi, jadi untuk masuk ke fitur ini, pengguna harus memasukkan kata sandi dan nama pengguna terlebih dahulu. Untuk lebih mengenal cara kerja control panel hosting ini, berikut merupakan penjelasannya:

Harus Mengembangkan Website Terlebih Dahulu

Sebelum mengakses cara kerja control panel hosting, tentunya web developer harus terlebih dahulu mengembangkan websitenya secara offline. Seperti sebuah website yang menggunakan HTML, PHP atau bahasa pemrograman lainnya. Dalam pembuatan website ini, web developer dapat mendesain web menggunakan bahasa pemrograman atau aplikasi tambahan.

Membeli Paket Web Hosting dan Nama Domain

Setelah mengembangkan situs web, Anda sebagai pengembang web juga dapat membeli paket hosting beserta nama domainnya. Hal ini sangat penting dilakukan, karena bertujuan agar website tampil di internet. Setelah web developer mendapatkan akun hosting, dari sini Anda kemudian dapat login ke cPanel sambil mengkonfigurasi website.

Masuk ke Akun cPanel Hosting

Cara lain panel kontrol hosting bekerja adalah pengembang web juga dapat mengakses cPanel ini menggunakan protokol HTTP. Caranya sangat sederhana, pengguna cukup mengetik atau memasukkan nama domain plus garis miring (/) untuk cPanel. Jika sudah, Anda bisa langsung menuju ke halaman cPanel.

Memasukkan Username Dan Password

Cara kerja control panel hosting selanjutnya adalah pengguna bisa langsung memasukkan username dan passwordnya. Dari mana username dan password itu berasal? Kata sandi dan nama pengguna dapat diperoleh dari penyedia hosting pengguna. Jika sudah login maka pengguna dapat melakukan aktivitas yang mendukung kebutuhan website.

Misalnya dengan menginstal software, menambahkan domain dan subdomain, hingga melakukan maintenance cPanel. Lalu bagaimana cara mengakses control panel hosting? Jadi control panel ini memiliki web base, sehingga pengguna dapat mengaksesnya melalui browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, dan lain sebagainya.

Melakukan Instal Software Melalui Control Panel Hosting

Seperti yang sudah dibahas di atas, setelah login ke akun control panel hosting, akan mudah untuk melakukan aktivitas pendukung. Salah satunya dengan menginstal software. Untuk menginstall software tersebut, Anda bisa melakukannya di Softaculous, dimana fitur-fiturnya berada di bagian paling bawah. Cara memasangnya juga mudah, tinggal klik dan ada juga petunjuk khusus yang bisa diikuti.

Demikian ulasan tentang Cara Kerja Control Panel Hosting semoga bermanfaat.